Powered By Blogger

Selasa, 08 Mei 2012

Phone? Tablet? It's Galaxy Note!


Ghiboo.com - Satu lagi perangkat canggih mampir ke kantor Ghiboo. Kali ini, giliran Samsung GALAXY Note yang siap untuk di-review. Mari kita lihat apa saja yang menarik dari produk ini.
 
Desain dan layar
Menarik. Itulah kata yang pertama terlintas dalam benak ketika mengenggam Samsung GALAXY Note. Layar yang besar dengan tampilan yang jernih, serta S Pen yang tersimpan rapi di bagian bawah device sangat menggoda untuk dieksplor. Samsung sendiri mengklasifikasikan Samsung GALAXY Note sebagai sebuah kelas baru yang mereka sebut Note. Bukan tergolong smartphone, bukan pula tablet. Samsung GALAXY Note hadir di antaranya untuk menjembatani gap di antara dua perangkat tersebut. Secara fisik, Samsung GALAXY Note terbilang cukup tipis. Hanya 9,7mm dengan bobot sekitar 178 gram saja. Samsung GALAXY Note memiliki layar berukuran 5,3 inci Super AMOLED HD Tak hanya tajam dan bebas pantulan, Super AMOLED HD pada perangkat ini lebih hemat daya dari pada layar lainnya.

Cukup memuaskan apabila digunakan untuk menonton video, browsing, dan membaca ebook dengan tampilannya yang sangat tajam dan dukungan Internal Color Depth hingga 16 juta. Desainnya sederhana, mirip dengan beberapa seri GALAXY yang telah beredar dengan sebuah tombol Home fisik dibagian bawah layar. Di kiri dan kanannya masing-masing terdapat tombol Back dan Menu bergaya touchscreen.
Pada bagian kiri terdapat tombol pengaturan volume, sementara tombol power ada di bagian kanan. Di bagian atas hanya ada port jack 3.5mm dan di bagian bawah terdapat port untuk melakukan isi ulang baterai maupun menghubungkannya ke PC. Kamera ada di bagian belakang bersebelahan dengan flash.

Hardware dan OS
Samsung GALAXY Note dibekali prosesor dual-core 1.4GHz. Perangkat ini juga memiliki Graphic Processor Unit (GPU) terpisah yaitu Mali-400MP. Memori internal terbilang cukup lapang, yakni 16GB. Samsung mempercayakan sistem operasi pada Android 2.3 Gingerbread. Informasi terbaru menyebutkan, akan ada opsi untuk meng-upgrade ke Android 4.0 Ice Cream Sandwich di masa mendatang. Saat Ghiboo mencoba menjalankan berbagai aplikasi, Samsung GALAXY Note mampu menyuguhkan performa prima. Perpindahan menu dan dari aplikasi yang satu ke aplikasi lainnya terasa cepat tanpa lag.

Untuk menjalankan game, Samsung GALAXY Note bisa dibilang perangkat yang sangat pas. Layar besarnya beserta spesifikasi papan atas memberika nuansa gaming setara dengan konsol genggam. Semuanya didukung oleh baterai berkekuatan 2500mAh yang mampu bertahan hingga lebih dari satu hari untuk pemakaian wajar seperti browsing, menonton video seperlunya, memutar musik, dan memakai aplikasi lainnya.

Kamera
Samsung menjejali gadget ini dengan kamera 8 megapixel dengan autofocus dan LED flash. Berbagai fitur yang tersedia seperti white balance, ISO, auto contrast, dan yang lainnya membuat kamera ini mampu menangkap gambar dengan maksimal. Hasil foto indoor dan outdoor telah tersedia di Gallery Ghiboo. Selain cocok untuk urusan fotografi, Samsung GALAXY Note juga bisa diandalkan dalam merekam video. Perangkat ini mampu membuat video dengan resolusi 1080p.

Konektivitas dan Browser
Berbekal koneksi HSPDA, Wi-Fi, dan Bluetooth 3.0, rasanya sudah cukup memenuhi kebutuhan pengguna. GALAXY Note bisa digunakan sebagai mobile hotspot dengan fitur tethering. Browser pada Samsung GALAXY Note telah mendukung flash. Tampilan web terlihat sangat jernih dan jelas berkat layar 5,3 inci beresolusi tinggi. Saat Ghiboo menggunakannya untuk menelusuri web demi web, perangkat ini tak pernah memperlihatkan masalah berarti. Pengalaman browsing yang ditawarkan setara dengan saat meng gunakan PC. 

Aplikasi unggulan
S Memo, berguna untuk membuat memo yang dapat dilengkapi gambar, suara, foto, dan apapun yang dibutuhkan untuk menuangkan ide kreatif pengguna. Aplikasi yang menarik dan sangat kompatibel dengan S Pen stylus. Cocok bagi mereka yang hobi menggambar, membuat sketsa, atau sekedar corat-coret. Lewat S Memo, pengguna juga bisa melakukan fungsi editting pada gambar, foto, maupun screenshot yang diambil dari aplikasi semacam Google Maps. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mentransfer tulisan tangan menjadi text.
S Planner, memudahkan pengguna mengatur jadwal mereka dengan mudah dan cerdas. Pengguna juga bisa menambahkan siapa saja orang dalam kontak yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa terintegrasi dengan Google Maps, S Memo dan menambahkan gambar agar setiap rencana tersusun rapi dengan keterangan yang lengkap.

Mini Diary, aplikasi yang berfungsi serupa dengan buku harian. Mini Diary dibekali fungsi GPS yang akan membantu Anda mengingat lokasi dari setiap momen yang ingin dituangkan dalam buku harian.  Pengguna juga dapat menambahkan foto sesuai keinginan agar momen terindah tidak terlupakan.

EZ PDF Reader Note di Samsung Apps yang memiliki kegunaan untuk mengedit file PDF. Viki, menawarkan film-film yang bisa ditonton secara streaming. Beberapa film telah dilengkapi dengan subtitle bahasa Indonesia. Bisa diunduh gratis di Samsung Apps. MyDragonfly, aplikasi game khusus untuk seri GALAXY tentang menangkap capung yang juga menawarkan hadiah menarik jika berhasil mendapatkan capung jenis tertentu. Bisa diunduh gratis di Samsung Apps.

Kesimpulan
Samsung GALAXY Note memang hadir sendirian tanpa pesaing bagi mereka yang menginginkan fitur melebihi smartphone biasa, namun tak ingin menggunakan tablet berukuran besar. Beberapa aplikasi unggulan yang telah disebutkan diatas memberikan pengalaman unik yang tak bisa didapatkan di perangkat lainnya. Harga Rp 6,5 jutaan dirasa pantas untuk sebuah produk yang tak hanya menawarkan fitur segudang, namun juga performa papan atas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu